Tugas Perkembangan siswa SMA/sederajat

Tugas Perkembangan siswa SMA/sederajat

Asalamualaikum,Wr.WB

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan informasi yang menyangkut tentang Tugas Perkembangan siswa SMA/sederajat,selamat membaca 

Tugas perkembangan adalah serangkaian tugas yang harus diselesaikan peserta didik (konseli) pada periode kehidupan atau fase perkembanagan tertentu. Tugas perkembangan bersumber dari kematangan fisik, tuntutan masyarakat atau budaya dan nilai-nilai serta aspirasi individu. Berhasil atau tidak peserta didik dalam menyelasikan tugas perkembangan ini akan berdampak pada tugas-tugas perkembangan pada fase berikutnya.

Tugas perkembangan ini sangat penting bagi pendidik karena yang pertama, dapat membantu memperjelas tujuan yang akan dicapai sekolah. Pendidikan dapat dimengerti sebagai usaha masyarakat melalui sekolah, dalam membantu individu mencapai tugas-tugas perkembangan tertentu. Kedua, konsep ini dapat dipergunakan sebagai pedoman waktu untuk melaksanakan usaha-uasa pendidikan sehingga individu siap menyesuaikan diri dan mengembangkan diri sesuai dengan bahana ajar perkembangan peserta didik.

Tugas perkembangan merupakan salah satu aspek yang harus dipahami Guru Bimbingan dan Konseling atau konselor karena pencapaian tugas perkembangan merupakam sasaran layanan bimbingan dan konseling. Layanan bimbingan dan konseling merupakan bentuk fasilitas peserta didik/konseli mencapai tugas-tugas perkembangan. Adapun tugas pekembangan ini dikategorikan sebagai tugas pekembangan masa Remaja akhir, yaitu:

·         Memperoleh hubungan-hubungan baru yang lebih matang dengan anak sebaya dari kedua jenis kelamin
·         Memperoleh peranan sosial sesuai dengan jenis kelamin individu
·         Menerima fisik dan menggunakan badan secara efektif
·         Memperoleh kebebasan diri, melepaskan ketergantungan diri dari orang tua dan orang dewasa lainnya
·         Melakukan penilaian dan persiapan untuk jabatan
·         Memperleh kebebasan ekonomi (misalnya mengatur uang jajan, uang sekolah, san lainya secara bulanan)
·         Persiapan perkawinan dan kehidupan berkeluarga
·         Mengembangkan keterampilan intelektual dan konsep-konsep yang diperlukan sebagai warga negara yag baik
·         Memupuk dan memperoleh perilaku yang dapat dipertanggung jawabkan secara sosial
·         Memperoleh sperangkat nilai dan sistem etika sebagai pedoman berperilaku.

Sekianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi kalian semua. kami juga mengharapkankan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca.
Wassalamualikum. wr.wb

Komentar