Informasi mengenai jurusan Bimbingan dan Konseling di perguruan tinggi




Jurusan Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi
Assalamualaikum wr.wb 
Disini kami akan memberikan layanan informasi mengenai jurusan bimbingan dan konseling, terutama buat kalian yang baru lulus SMA/MA/SMK dan binggung mau masuk jurusan apa. saat mimilih jurusan pasti merupakan hal yang sulit buat kalian, mulai galau, gelisah, dilema, binggung, semua bercampur menjadi satu (kaya gado-gado), ngomongin tentang gado-gado *eh kok itu ya, ok salah kita balik lagi. ngomongin tentang jurusan, jurusan yang ditawarkan di perguruan tinggi banyak banget, tidak seperti di Sekolah Menengah sebelumnya, tapi disini kami bukan mau ngasih tahu tips memilih jurusan karena kalian bisa menemukannya di blog-blog lain. sebanyaknya jurusan ditawarkan, mungkin kalian pernah mendengar jurusan Bimbingan dan Konseling, dan tertarik dan mau kepo mengenai jurusan Bimbingan dan Konseling itu kaya apa, terus apa sih jurusan Bimbingan dan Konseling itu? apa yang dipelajari? terus yang sering jadi pertanyaan kalau masuk jurusan Bimbingan dan konseling nanti mau jadi apa? untuk itulah kami hadir yang akan menjawab pertanyaan dari kalian semua . cek this out!
A.  Pengertian Bimbingan dan Konseling
Bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh orang yang ahli kepada seseorang atau beberapa orang individu baik anak-anak, remaja, maupun dewasa, agar orang yang dibimbing dapat mengembangkan kemampuan dirinya sendiri dan mandiri dengan memanfaatkan kekuatan individu dan sarana yang ada dan dapat dikembangkan berdasarkan norma-norma yang berlaku.
konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling oleh seorang ahli (konselor) kepada individu yang sedang mengalami sesuatu masalah (klien) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi oleh klien.  itu merupakan pengertian bimbingan dan konseling secara teoritisnya, secara singkatnya Bimbingan dan Konseling adalah proses yang dilakukan untuk membantu klien atau peserta didik dalam memberi bimbingan dan/atau untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi peserta didik atau (klien). jadi kalau diibaratkan nih ya, seorang Guru BK atau Konselor itu ibaratkan oasis di tengah gurun yang memberikan kesejukan kepada setiap orang *eaah. sungguh mulia bukan (?) 

B. Materi dalam Bimbingan dan konseling
Mungkin kalian bingung, apa aja materi yang dipelajari dalam bimbingan dan konseling, apalagi materi bimbingan dan konseling tidak seperti mata pelajaran sekolah yang diajarkan setiap hari.
Bimbingan dan konseling mempelajari banyak hal, yaitu:
  • ilmu pendidikan
  • ilmu psikologi
  • ilmu konseling
selain itu juga terdapaat mata kuliah praktikum Bimbingan dan Konseling, di mata kuliah ini mahasiswa jurusan BK belajarr dan latihan praktek memberikan konseling kepada klien. mata kuliah yang termasuk praktikum yaitu: praktikum konseling individual, konseling kelompok, praktikum BK Belajar, praktikum Bk karier, praktikum PI teknik testing dan non testing, mikro konseling, dan ada juga PPL ( Praktek pengalaman lapangan)

C. Profesi dan prospek Bimbingan dan konseling di masa depan 
Mungkin banyak pertanyaan yang sering muncul baik dikalangan calan mahasiswa, maupun maupun mahasiswa bimbingan dan koseling sendiri tentang apakah ruang lingkup bimbingan dan konseling hanya dipendidikan saja ?
lulusan S1 bimbingan dan konseling sebagian besar memang terserat di dalam dunia pendidikan terutama jenjang SMP dan SMA, namun ada juga beberapa lembaga pendidikan terutama swata yang membutuhkan tenaga konseling untuk TK, PAUD, dan SD. selain itu lulusan S! bimbingan dan konseling bisa juga mendirikan lembaga konseling, jasa layanan tes psikologi, ataupun lembaga konsultasi pendidikan. kebutuhan terhadap layanan konseling ini semakin besar terutama di kota-kota besar, di mana masyarakatnya semakin terbuka dan memililki tingkat stres yang tinggi.
Bidang lain yang dapat di isi oleh lulusan BK adalah HRD/pengembangan SDM diinstansi atau dunia usaha dan industri, bank, tenaga konselor di pusat rehabilitasi, lembaga permasyarakatan, perkumpulan keluarga berencana indonesia, konsultan pengembangan SDM, konselor dan konsultan pendidikan di lembaga-lembaga bimbingan belajar (LBB) 

D. Daftar jurusan Bimbingan dan konseling yang ada di perguruan tinggi di Indonesia
Berikut ini kami akan memberikan referensi bagi kalian yang berniat untuk memilih jurusan Bimbingan dan konseling, Universitas mana saja yang punya jurusan Bimbingan dan Konseling
No PERGURUAN TINGGI
1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)
2 Universitas Jhabal Ghafur
3 Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Gunung Sitoli
5 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pelita Bangsa 
6. Universitas Bengkulu
7 Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH. 
8 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kotabumi
9 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Pringsewu
10 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI (STKIP-PGRI) Bandar Lampung
11 Universitas Muhammadiyah Metro
12 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Palembang
13 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Suluh Bangsa
14 Universitas Indraprasta PGRI
15 Universitas Islam As-Syafiiyah
16 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
17 Universitas Kristen Indonesia
18 Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
19 Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah 
21 Universitas Ahmad Dahlan
22 Universitas Sanata Dharma
23 Universitas PGRI Yogyakarta
24 IKIP PGRI Semarang
25 IKIP Veteran Jawa Tengah
26 Universitas Kristen Satya Wacana
27 Universitas Muhammadiyah Magelan28 Universitas Muria Kudu 29 Universitas Pancasakti
30 Universitas Slamet Riyadi
31 Universitas Tunas Pembangunan
32 Universitas Veteran Bangun Nusantara
33 IKIP PGRI Banyuwangi
34 IKIP PGRI Jember
35 IKIP PGRI Kediri
36 IKIP PGRI Madiun
37 Universitas Bondowoso
38 Universitas Darul Ulum
39 Universitas Islam Jember
40 Universitas Kanjuruhan
41 Universitas Katolik Widya Mandala Madiun
42 Universitas Moch. Sroedji
43 Universitas PGRI Adi Buana
44 IKIP PGRI Bali
45 Universitas Panji Sakti
46 STKIP Bima
47 STKIP Hamzanwadi
48 Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
49 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Barru
50 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Bone
51 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pembangunan Indonesia
52 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Tompotika
53 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pontianak
54 Universitas Achmad Yani (Uvaya) Banjarmasin
55 Universitas Islam Kalimantan Muhammadiyah Arsyad Albanjari
56 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Sampit
57 Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
58 IKIP PGRI Wates
Sekianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi kalian semua. kami juga mengharapkankan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca.
Wassalamualikum. wr.wb



Komentar